Genjot Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian, Kementan Beri Bantuan Modal Usaha di Unhas

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pertanian memberikan bantuan modal usaha dalam rangka Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP). Bantuan modal usaha diserahkan oleh Kepala BPPSDMP, Ir Pending Dadih Permana, M.Ec, Dev mewakili Menteri Pertanian RI di Universitas Hasanudin Makasar Sulsel pada hari Rabu tanggal 28 September 2016. Dalam kesempatan ini Kepala BPPSDMP menyampaikan pesan Menteri Pertanian didepan sekitar 300 orang terdiri dari para mahasiswa/wi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) dan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Mitra yang hadir.


Kegiatan PWMP dilaksanakan 4 tahap selama 3 tahun. Tahun pertama yaitu tahap penyadaran dan tahap penumbuhan, tahun kedua tahap pengembangan, dan terakhir tahun ketiga tahap pemandirian. Tahun ini merupakan tahun pionir dari kegiatan PWMP, sehingga peserta PWMP sebagai leader program regenerasi pertanian. Pemberian modal merupakan stimulan start up usaha. Besarnya modal usaha setiap kelompok peserta PWMP mahasiswa STPP dan siswa SMK-PP senilai Rp. 15.000.0000, sedangkan bagi alumni perguruan tinggi mitra Kementan memberikan bantuan modal usaha maksimal senilai Rp. 35.000.0000 atau disesuaikan dengan usulan dan kelayakan business plan yang disusun. Modal usaha diberikan dalam bentuk uang ditransfer sekaligus secara langsung ke rekening kelompok peserta PWMP. Peserta PWMP sejumlah 1.654 orang tergabung dalam 500 kelompok (setiap kelompok 3-4 Peserta), berasal dari Mahasiswa non PNS STPP seluruh Indonesia (Medan, Bogor, Magelang, Malang, Gowa dan Manokwari), Alumni (Sarjana Pertanian) Perguruan Tinggi Mitra Kementerian Pertanian (Universitas Syiah Kuala-Aceh, Universitas Andalas-Padang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, Universitas Padjajaran-Bandung, Universitas Gajah Mada-Yogyakarta, Universitas Brawijaya-Malang dan Universitas Hasanudin-Makasar), dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian dibawah Kementerian Pertanian (SMK-PP Sembawa, Banjarbaru dan Kupang). Pembimbing kegiatan PWNP berasal dari dosen STPP dan Perguruan Tinggi Mitra Kementerian Pertanian, dan Guru SMK-PP. Sedangkan sebagai Mentor adalah para mitra usaha pertanian.


Diharapkan dengan adanya bantuan modal usaha untuk PWMP ini akan menciptakan lebih banyak pengusaha muda pertanian yang akan merubah image petani (Bayu/mk)